Judul/Bab : USER
INTERFACE PADA GAME (PENULISAN)/BAB 6
Nama :
Aji Prayitno
NPM :
50414677
Kelas :
3IA21
Mata Kuliah : PTG #
Nama Dosen : Syefani
rachma deski
Sebuah
Desain Interface/antarmuka pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh
mana user/pengguna meminati Game tersebut. Untuk itu kali ini saya akan
membahas beberapa hal yang berhubungan dengan Desain Interface pada game.
Sebelum
memasuki pembahasan berikutnya kita perlu mengetahui apa itu HUD. HUD adalah
singkatan dari Heads-Up Display dan biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health
Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk
memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
beberapa elemen user Interface yaitu:
A. Non-diegetic: Desain
Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu
sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga
seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya Contoh: Elemen HUD,
kursor mouse, mini map, skills, dll.
B. Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan
game yaitu yang dapat dilihat dan
didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka
diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic
seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll.
C. Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang
permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang
sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
D. Meta: Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun
tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas
adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk
menunjukkan kerusakan. Contoh: Resident Evil, ketika player hampir mati.
Sumber & Referensi :
http://nvtrakhmawati.blogspot.co.id/2017/03/pengantar-teknologi-game-part-2.html
https://sylviaalfarina.wordpress.com/2015/04/22/user-interface-pada-game-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar