Judul/Bab : USER
INTERFACE PADA GAME (TUGAS)/BAB 6
Nama :
Aji Prayitno
NPM :
50414677
Kelas :
3IA21
Mata Kuliah : PTG #
Nama Dosen : Syefani
rachma deski
· Interface
Antarmuka
(Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface) berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke
dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan
memberikan panduan pemakaian sistem secara berurutan sehingga pengguna mengerti apa yang akan
dilakukan terhadap suatu sistem.
Desain user
interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur
tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau
player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi
kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Dalam
desain user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan oleh Erik
Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology. Dalam
tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the
HUD - User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games.Mereka
memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain
video game.
HUD itu
sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi
secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna
permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana
Point) dan biasanya muncul di atas
kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi
karakter dalam permainan.
Contoh Games User Interface dengan menggunakan AI dan
perbedaan nya
Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game
yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang
dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali
elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari
Komputer,dll Contoh: Interface dalam game Dead Space, pada game Assassin’s
Creed
Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang
permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang
sebenarnya (diegetik atau non-diegetik). Outline karakter dalam Left 4 Dead
adalah contoh dari non-diegetik User Interface spatial.
Perbedaan dari game tersebut adalah yang pertama yaitu game
ASSASINS CREED yaitu sebuah game bergenre adventure yang mana ada dua mode
permainan dalam game tersebut yaitu mode campaign dan mode contracts, mode
Campaign sendiri adalah jalinan misi dengan latar cerita yang kurang terkemas secara
menarik tentang konflik antara Assassin melawan Crows, organisasi kriminal
Italia yang berada di bawah naungan Templar. Sedangkan untuk mode kedua,
Contracts, kamu akan diajak menjalani rentetan misi tak bercerita dengan reward
uang serta experience yang cukup menggiurkan untuk keperluan leveling Assassin
kamu. Lewat mode ini kamu bahkan bisa “menyewa” karakter Assassin milik temanmu
untuk membantu menyelesaikan kontrak yang kamu jalani.
LEFT 4 DEAD adalah game tembak tembakan dengan sudut pandang
orang pertama yang bertema ‘resident evil’ alias nembakin zombie sambil
berusaha menyelamatkan diri dari satu tempat ke tempat lain. Jadi perbedaan
story board dari kedua game tersebut sudah bisa membedakan jauh untuk cara
bermain nya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar