NAMA
: AJI PRAYITNO
NPM
: 50414677
KELAS
: 4IA21
ANGGOTA KELOMPOK :
PT Metrodata Electronics, Tbk.
1. Aspek Produk
Sekilas
PT. Metrodata Electronics Tbk
(“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia
sejak tahun 1990 (IDX: MTDL) dan merupakan salah satu perusahaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan
perusahaan perusahaan TI kelas dunia. Perseroan pada saat ini memiliki empat
unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha
distribusi kepada dealer dan perusahaan solusi TIK; Bisnis Solusi yang
menyediakan solusi lengkap TI dan komunikasi dari mulai perancangan,
implementasi, IT Managed Services, konsultasi dan pelatihan; Bisnis Konsultasi
yang menawarkan solusi bisnis inovatif mulai dari konseptual, pelaksanaan dan
implementasinya, dan dukungan untuk transformasi bisnis; dan Bisnis E-Commerce
dibidang usaha modern IT retail meliputi e-commerce.
Saat ini Perseroan bermitra
dengan perusahaan TIK kelas dunia, di antaranya Acer, Actico, Adobe, Alaric,
APC, Asus, Autodesk, Axis, Be.as, BlueCoat, BMC Software, BMC Software Approved
Education Partner, Bosch, Brocade-Ruckus, CA, Check Point, Cisco, Citixsys,
Citrix, Commvault, Corel, D Link, Dell EMC, Double-Take, DSI, Dynatrace,
EC-Council Authorized Training Parter, Emerson Network Power, Epson, ETP, F5,
Falconstor, FileMini, FireEye, Flexera, Fortinet, Fortis, Fujitsu, Fujixerox,
Hitachi Data Systems, HP, HPE, Huawei, IBM, Infoblox, Infor, Intel Security,
Jabra, JDA, Juniper, K2, Kaspersky, Kingstone, Lenovo, Ligoware, McAfee,
Microsoft, Microsoft Silver Certified, Partner Learning Solutions, Mobileiron,
MSI, Murex, NetApp, Nintex, Nucleus, Nutanix, OpenText, Oracle, Oracle Approved
Education, Oracle Sun, OrangE, Paques, Pearson Vue Authorized Test Center,
Philips, Prometric Test Center, Q1 Labs, Qlik, Quint Wellington, Ramco, Red
Hat, Riverbed, Salesforce.com, Samsung, Sandisk, SAP, Siemens, Simplivity,
Sitecore, Solarwinds, Solid Fire, Sophos, SourcheFire, Splunk, Stratus,
Symantec, TCS BaNCS, Toshiba, TP-Link, Transend, Trend Micro, Ubiquiti,
Varonis, Veeam, Veritas, VMware, WebMethods, Zendesk, dan ZTE.
Visi & Misi
Sebagaimana umumnya
perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, Perseroan memiliki seperangkat prinsip
panduan yang menjadi acuan bagi manajemen maupun karyawan dalam mengembangkan
strategi Perseroan serta dalam membangun reputasi Perseroan. Visi dan Budaya
Perusahaan Perseroan tercermin dengan baik dalam pernyataan berikut:
Visi Perseroan
Memaksimalkan nilai bagi pemangku
kepentingan dan membangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.
Misi Perseroan
Menjadi perusahaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi terkemuka yang memberikan nilai tambah kepada para
mitra usaha dalam melakukan transformasi bisnis.
Budaya Perusahaan
Bagi METRODATA budaya perusahaan
bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi merupakan jiwa
dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan
kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi, serta
pembimbing METRODATA dalam mencapai tujuannya.
Budaya Perusahaan terutama sangat
penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap fokus seraya
bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah dengan cepat
serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat, lincah dan
unggul.
Efektif sejak 1 Januari 2013,
METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan pengamalan
budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar
utama—Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship— beserta LIMA BELAS
prinsip tindakan.
PILAR UTAMA 1 | INTEGRITAS
Integritas adalah konsistensi
dalam bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum, serta
berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.
Perusahaan yang tidak memiliki
integritas sebagai fondasinya biasanya tak akan bertahan lama. Karena itu nilai
ini menjadi yang pertama dan utama dan harus dimiliki, dihayati dan diamalkan
oleh setiap karyawan. Pada tingkat korporasi, integritas merupakan salah satu
praktik dalam pelaksanaaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.
Prinsip-prinsip Integritas dalam
tindakan:
1. Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
PILAR UTAMA 2 | PROFESIONALISME
Profesionalisme adalah sikap,
perilaku dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan
yang tinggi yang dikembangkan secara terus menerus dalam menghadapi tantangan
dan mensukseskan Perseroan.
Ketika menggunakan produk-produk
dan jasa-jasa METRODATA, pelanggan mengharapkan kualitas pelayanan yang terbaik
dari METRODATA sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan
mereka.
Karena itu setiap karyawan
METRODATA dituntut untuk senantiasa bersikap profesional.
Prinsip-prinsip Profesionalisme
dalam tindakan:
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan
untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan
seluruh pemangku kepentingan
PILAR UTAMA 3 | ENTREPRENEURSHIP
Entrepreneurship adalah semangat
dan jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan perubahan ke arah yang
lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan, berani mengambil
inisiatif, tidak takut dengan kegagalan dan mampu mengelola hubungan yang
harmonis bersama dengan pemangku kepentingan.
Perusahaan yang akan unggul dan
langgeng di masa depan adalah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang
berjiwa entrepreneur.
Tanpa energi entrepreneurship,
sebuah perusahaan, apalagi perusahaan teknologi seperti METRODATA terancam
menjadi tidak relevan di tengah era persaingan yang sengit.
Prinsip-prinsip Entrepreneurship
dalam tindakan:
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan
yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap
keputusan
Berikut adalah Susunan pemegang saham Perseroan pada 31 Desember 2016 berdasarkan laporan PT Datindo Entrycom sebagai Biro Administrasi Efek Perseroan adalah :
PT My Icon Technology sebagai
Unit Bisnis Modern Retail yang memiliki beberapa divisi penjualan seperti
direct selling, retail store, dan online store pada tahun 2014 lebih
memfokuskan usahanya pada E-Commerce setelah sebelumnya fokus pada modern channel.
Seiring dengan merek METRODATA yang sudah dikenal oleh publik, Perseroan
mengubah nama dua divisi lainnya dengan menyertakan nama Perseroan yaitu
METRODATA Store dan METRODATA Online. Perubahan merek tersebut telah
meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs Perseroan dengan
peningkatan lalu lintas mencapai di atas 20 kali jumlah pengunjung rata-rata
per bulannya hingga akhir 2014.
PT. Xerindo Teknologi berdiri
pada tanggal 29 Juli 2002 sebagai service provider khususnya untuk jaringan
infrastruktur telekomunikasi, sumber daya telekomunikasi dan pemasok material
pendukung telekomunikasi. Dengan sektor infrastruktur teknologi komunikasi
sebagai bisnis inti, kami menyediakan layanan lengkap untuk implementasi dan
support infrastruktur telekomunikasi dengan one stop total solution dalam
akuisisi lokasi, survey dan rekayasa disain, instalasi, audit kualitas,
commissioning dan integrasi, pemeliharaan, dukungan kinerja dan perluasan
(termasuk dukungan teknis), serta implementasi atau dukungan manajemen
pemeliharaan. Juga terus mengembangkan layanan kepada pelanggan sesuai
kebutuhan.
SOLTIUS didirikan pada tahun 1998
sebagai hasil penggabungan dua perusahaan, yakni IMC dan SDI Technologies,
keduanya memiliki peringkat sangat tinggi di pasar SAP Indonesia. Pada tahun
2008, Soltius Asia Pte. Ltd. diakuisisi oleh PT Metrodata Electronics Tbk
(“Perseroan”). Soltius Asia Pte. Ltd. adalah pemilik dari PT Soltius Indonesia
(“Soltius Indonesia”), yang kini menjadi salah satu entitas anak dalam kelompok
usaha Perseroan. Saat itu, Perseroan telah memiliki entitas anak, PT Metrodata
E-Bisnis, yang fokus menangani solusi SAP khususnya segmen Usaha Kecil dan
Menengah (UKM). Bagi Perseroan mengakuisisi Soltius Indonesia adalah langkah
strategis untuk memperluas jangkauan layanan yang mencakup pasar perusahaan
berskala besar. Saat ini Soltius Indonesia mampu bersaing dengan menawarkan
layanan kepada pelanggan di segmen UKM hingga keperusahaan berskala besar.
PT Mitra Integrasi Informatika
("MII") merupakan garda terdepan bisnis solusi teknologi informasi
komunikasi kelompok usaha METRODATA. Sejak didirikan tanggal 1 Maret 1996, MII
secara konsisten memfokuskan pelayanannya bagi pelanggan korporasi pasar
enterprise di berbagai sektor industri maupun pasar UKM. MII telah berpartner
dengan partner solusi TIK kelas dunia di area hardware, software dan services.
MII menyediakan solusi kepada pelanggan mulai dari tahap disain dan blue print,
konsultasi, implementasi, dukungan, pemeliharaan, managed services dan
pelatihan.
Layanan yang diberikan termasuk solusi di bidang :
·
Cloud Computing: konsultasi bisnis & teknis, datacenter
assessment, implementasi, managed services, reseller (SaaS, IaaS, PaaS) serta
training menuju virtualisasi sampai dengan komputasi awan baik itu private,
public, maupun hybrid.
·
Enterprise Mobility: mentransformasi menjadi mobile
enterprises, termasuk menghubungkan ke
sumber data back-end, membangun mobile application, menerapkan ke
peralatan mobile, mobile application store dan management.
·
Business Analytics
& Big Data: In Memory Business Discovery, User Centric Business
Intelligence, Big Data Analysis, Data warehousing.
·
Security, Infrastructure and Network Integration: disain dan
implementasi arsitektur infrastruktur TIK, Multi-Platform Integration Systems,
Server & Storage Consolidation, Network design, Business Service Management
dan training bersertifikasi.
·
Business Application
Implementation: ERP, CRM, SCM, Workflow & Business Process Management,
Knowledge Management, Portal, Enterprise Performance Management, Business
Intelligence, Banking Solutions, Telco & Media Solutions.
·
Consulting Services:
ITIL, ICT Strategic Plan & Blue Print, Business Continuity Management, Data
Center, Disaster Recovery Plan.
· Managed Services: Service Management (call center, helpdesk), Infrastructure Management (Desktop Management, Network Management, System/Datacenter Management Services) dan Application Management Services (ERP, HR, Microsoft Office, dan lain-lain).
· Managed Services: Service Management (call center, helpdesk), Infrastructure Management (Desktop Management, Network Management, System/Datacenter Management Services) dan Application Management Services (ERP, HR, Microsoft Office, dan lain-lain).
PT Logicalis Metrodata Indonesia
("LMI") didirikan oleh PT. Metrodata Electronics Tbk. (“Perseroan”)
pada tanggal 4 Januari 2012. LMI merupakan perusahaan join venture dengan
Logicalis Singapore Pte. Ltd. (“Logicalis”) yang merupakan salah satu entitas
anak dari Logicalis Group Limited (United Kingdom). LMI bergerak dalam bidang
solusi dan jasa Teknologi Informasi Komunikasi yang terintegrasi, khususnya
jasa dan solusi jaringan. Logicalis merupakan perusahaan penyedia solusi TIK
dan managed services dengan reputasi internasional khususnya di bidang
communication and collaboration, data center, cloud services dan IT Security.
PT Synnex Metrodata Indonesia
(“SMI”)--d/h PT Metrodata E Bisnis (“MEB”, didirikan pada tanggal 23 Mei 2000),
adalah perusahaan joint venture dengan King’s Eye Investment Ltd., British
Virgin Island, salah satu anak perusahaan Synnex Technology International Corp. ("Synnex") yang
dibentuk pada 26 September 2011, fokus dalam Distribusi Teknologi Informasi
Komunikasi. Synnex adalah perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat di bursa
Taiwan dan merupakan salah satu leading global player di bidang distribusi TIK
yang memiliki reputasi internasional yang baik.
STRUKTUR ORGANISASI
Strategi Marketing & Promosi
·
Kegiatan pemasaran yang rutin dilaksanakan setiap
tahun adalah gelaran akbar Metrodata Solution Day (MSD). Acara yang dikemas
dalam bentuk konferensi dan pameran ini digelar secara nasional di Jakarta dan
Surabaya
·
Acara MSD merupakan bentuk pengukuhan bahwa
perseroan merupakan bisnis termaju dan terpercaya dalam menyediakan solusi TIK.
Selain itu, MSD merupakan sarana edukasi bagi pengembang bisnis, yang didukung
oleh manfaat TIK.
·
Perseroan melakukan kegiatan pemasaran rutin
melalui iklan Koran, majalah, cerita sukses pelanggan, majalah Insite,
pameran-pameran baik pada level nasional maupun mall di berbagai kota besar di
Indonesia. Selain itu, perseroan juga mulai mengintensifkan pemasaran berbasis
digital marketing.
·
Aktivitas digital marketing, seperti promosi
melalui media social, pemasangan iklan di web dan Search Engine Optimization
(SEO), bertujuan mendorong penjualan dan pengenalan merek (brand recognition).
Upaya ini dilakukan karena pengukuran terhadap hasil yang diperoleh lebih
actual, cepat dan akurat berdasarkan target demografinya.
Media Pemasaran Berbasis TI
Metrodataonline.com
Produk yang ditawarkan :
Notebook, Netbook, Printer,
Storage, Gadget, Tablet PC, Smartphone, Desktop, LCD Monitor, Mouse,
Networking, Power, Multimedia, Tas, Softcase, Antivirus, Operating System,
Design Software, Server, dan sebagainya.
Brands :
Microsoft, Epson, Canon, Brother,
Asus, Acer, HP, Lenovo, Samsung, Toshiba, Sennheiser, Philips, Spark, Logitech,
Norton, Adata, Kingston, Auto desk, Fujitsu, Emerson, IBM, Targus, Huawei,
Thonet & Vander, Edifier, LG, BlackBerry, Nokia, Sony, dan lain-lainnya.
Aspek
Keuangan
Pencatatan
Keuangan Sederhana
Aset Tetap
Perusahaan
Beban Usaha & Beban Keuangan
Tingkat Bunga
http://www.metrodata.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar