Judul/Bab : Pengantar Teknologi Game (TUGAS)/BAB
1
Nama : Aji Prayitno
NPM : 50414677
Kelas : 3IA21
Mata
Kuliah : (Pengantar Teknologi Game)
#Softskill
Nama
Dosen : Syefani rachma deski
PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi komputer pada saat ini sangat pesat, dimana yang telah kita ketahui
dalam instansi pemerintahan maupun swasta, lebih mengutamakan menggunakan
teknologi komputer dalam menyelesaikan semua pekerjaannya, dan juga bagi para
pelajar atau mahasiswa serta dosen dalam mempermudah proses belajar mengajar .
Salah satu
perkembangan teknologi saat ini yang sangat digemari oleh masyarakat luas yaitu
permainan (Games). Game merupakan sebuah alat untuk bermain dan refreshing yang
sangat berkembang akhir-akhir ini dalam lingkungan masyarakat. Saat ini game
telah berkembang menjadi sebuah alat ataupun media yang bisa digunakan sebagai
sarana belajar
Konsep Pembuatan game :
Anda tidak
akan dapat membuat game tanpa unsur terpenting ini. Terlebih dahulu kita
pikirkan dulu raw plan gamenya, apa genre nya, judulnya apa, siapa tokoh
utamanya, bagaimana jalan ceritanya, dan sebagainya. Seiring dengan pembuatan
game, anda bisa “meningkatkan” kualitas game. Seperti menambah detail pada
background, membuat fitur baru yang tidak mengubah konsep utama.
Setelah
melakukan pada step pertama, jalan cerita menentukan awal dan akhir dari game
itu sendiri. Tanpa jalan cerita yang jelas, pemain akan bingung mengikuti alur
game tersebut sehingga membuat mereka menutup browser mereka dan mematikan
komputernya. Tetapi dalam suatu genre game, jalan cerita tidak dibutuhkan
seperti Arcade, Simulation, dll. Namun, misalnya, untuk RPG, sudah jelas membutuhkan
alur cerita. Jalan cerita juga hendaknya unik dan berbeda dengan jalan cerita
dari game-game yang sudah ada, sehingga tidak menimbulkan kebosanan kepada
pengguna.
Tentukan
style anda dalam membuat game, apakah dengan detail yang tinggi, atau sederhana.
Sebaiknya dalam menentukan style grafis, disesuaikan dengan konsep.
Apabila pada
step kedua dijelaskan tentang jalan cerita, di step ini dijelaskan tentang alur
game. Dalam suatu genre, buatlah alur game yang cocok dengan genre tersebut.
Contohnya : Game RPG membutuhkan karakter yang heroik dan pendamping karakter
utama. Ditengah perjalanan, mereka diharuskan melawan “bos” untuk melanjutkan
permainan.anda juga butuh bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat game.
Contohnya, untuk game yang lebih kompleks, agan membutuhkan efek suara. Anda
bisa mendownload efek suara tersebut di web yang memberikan efek suara secara
gratis.
Setelah
semuanya terpenuhi barulah kita dapat membuat game nya dengan menggunakan
bahasa pemrograman yang kita inginkan.
Design
Skenario
Sebelum
masuk pada Design Skenario alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui
apa itu Design ? Design merupakan proses untuk membuat dan menciptakan objek
baru, sistem, komponen atau struktur. Penggunaan istilah design berawal dari
gambar teknik arsitektur.
Skenario
merupakan sebuah alur yang disusun oleh seseorang untuk merancang suatu peristiwa. Skenario game merupakan
langkah awal yang akan dijalankan dalam membuat sebuah game. Dengan adanya
skenario game dapat mempermudah pembuat game dalam menyelesaikan game tersebut.
Pada skenario game pembuat game dapat membuat tema bayangan, genre, tool,
gameplay, grafis, suara, perancangan waktu, dsb
Script
Script
adalah bahasa pemrograman komputer yang diterjemahkan secara khas dengan
tingkat kesulitan yang lebih rendah, dan tanpa aplikasi kompilasi interpreter.
Script diciptakan untuk mempersingkat proses pengkompilasian hingga
dijalankannya program tersebut. Biasanya script disisipkan kedalam bahasa
pemrograman yang lebih kompleks. Contoh dari bahasa script adalah Ruby,
JavaScript, Lua dan PHP.
Konsep
pembuatan scripting pada game untuk langkah awal dapat dilakukan pemilihan
bahasa pemrograman yang akan digunakan. Diantaranya bahasa C, C++, dan Java.
Proses pembuatan game dapat dikatakan memakan waktu yang cukup banyak. Lamanya
pembuatan game tersebut bergantung pada beberapa faktor, seperti genre, skala,
dan platform.
StoryBoard
Storyboard
merupakan visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun sehingga dapat
memberikan gambaran dari aplikasi yang dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan
visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, dan ditampilkan
shot by shot yang lebih sering disebut dengan scene. Storyboard akan lebih
menjelaskan tentang bagaimana alur dari permainan itu sendiri. Contoh, pada
game arcade tidak memiliki alur cerita akan tetapi game tersebut menitik
beratkan pada perolehan point-point.
Pengertian game :
Permainan
video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi
dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang
dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan
tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Jenis-jenis game :
ada banyak
sekali jenis jenis game ini, saya akan menyebutkan beberapa genre game saja
yaitu di antaranya : Strategy, Racing, Shooter, Arcade, Fighting, Sport dll.
TEKNOLOGI GAME
Bisnis dalam game :
Game bukan
hanya sekedar game. Itulah kalimat yang tepat bagi para developer game, mungkin
sebagian besar para developer hebat, menganggap game bukan hanya sekedar media
hiburan, media pembelajaran, namun sekaligus sebagai bisnis yang menggiurkan,
kenapa dibilang menggiurkan ? coba kalian lihat saja para developer game yang
sukses, contohnya developer game yang mendadak sukses 2013-2014 kemarin, dia
adalah Dong Nguyen. masih ingatkah kalian ?
Yup dia
adalah developer game flappy bird, game yang membuat para pemainnya kesal namun
penasaran. hahaha.. Dan kalian tau mengapa Dong Nguyen dikatakan mendadak
sukses, itu dikarenakan lewat game
flappy bird ini dia bisa mencetak penghasilan sebesar $50 ribu (mungkin setara
dengan Rp 600 juta) per hari.. wow wow wow… Oleh sebab itulah mengapa game
dibilang sebagai bisnis yang menggiurkan.
Seperti
judul postingan diatas saya akan membahas tentang aspek bisnis dalam dunia
game. Okee langsung saja cekidot..
Dibawah ini merupakan aspek-aspek yang harus diperhatikan
dalam dunia game.
Modal Dasar
Yang
dimaksud dengan modal dasar itu bukan hanya berbentuk uang ataupun financial
saja, akan tetapi bisa juga berbentuk keterampilan ataupun tenaga ahli. Dalam
memulai bisnis game, tentu kita memerlukan sebuah tim, dengan keahlian
dibidangnya masing-masing seperti : Game Designer, programmer, illustrator,
translator, dll
Biaya Operasional
Inilah poin
yang bicara tentang uang. Mengapa kita memerlukan uang ? tentu kita memerlukan
uang, uang diperlukan untuk biaya peralatan kerja, modal awal, hingga
pemasaran. Disini kita harus sangatlah jeli dan memperhitungkan bagaimana suatu
bisnis game itu terbangun serta berjalan dengan lancer agar bisa mengalami
kemajuan dan mendapatkan keuntungan yang semakin lama semakin meningkat.
Keuntungan (laba)
Setelah
mengetahui tentang modal dasar serta biaya operasional, maka mulailah bisnis
berjalan, mulai dari sini kita bisa memperhitungkan apakah bisnis ini mempunyai
keuntungan jika dijalankan terus-menerus atau sebaliknya jika dijalankan
terus-menerus semakin timbul kebangkrutan, alangkah baiknya jika kita
menghentikan bisnis ini dan melakukan intropeksi kesalahan. Saya tidak bilang
anda harus berhenti berbisnis, namun belajarlah dari kesalahan, jangan kalah
dengan keterpurukan.
Masa Depan Bisnis
Aspek ini
akan mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan
sampai, kita tahu bahwa bisnis game yang digeluti adalah bisnis musiman, namun
perencanaan yang diterapkan adalah untuk bisnis yang permanen. Modal Investasi
Kedepan, keuntungan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu bisnis dan apa
langkah selanjutnya ? dalam artian setelah bisnis telah kembali modalnya
bagaimana seorang pebisnis itu mengembangkan modal awalnya dan menabung
keuntungan yang telah kita dapat dari bisnis yang sudah dijalani.
3D engine dan scene graph
Di dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Grafik 3D ini tersimpan didalam komputer untuk keperluan kalkulasi atau rendering gambar 3D. Pada 3D, engine bukanlah exutable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri.
3D engine
adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan
mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin
permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.Berbeda dengan
dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D
diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D
berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah
pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan
sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D.
Konsep scene
graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang
mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari
root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri
untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap
fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
1.
Menciptakan
objek Canvas3D
2.
Menciptakan
sebuah scene graph
3.
Menghubungkan
objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
Ogre 3D
Objected-Oriented
Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang
object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis
dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan
mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated
3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti
Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek
dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE hanya
digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani
vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah
salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE
tidak menyediakan audio/physics support.
Walaupun
penjelasan diatas bisa dikatakan sebagai kelemahan dari OGRE itu sendiri, akan tetapi
semua itu sebanding dengan kemampuan grafis yang ada pada game engine tersebut.
Kelebihan yang paling menonjol pada OGRE adalah graphics engine yang bisa
memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun,
input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk
fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game
development. OGRE dapat mendupport OIS, SDL, CEGUI libraries. Sekarang ini OGRE
adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini
para publish tersebut membuka OGRE sebagai free/open source software.
Fitur-fitur pada OGRE:
Desain yang
object-oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur
lainnya.Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang
luas, octree, BSP, & paging landscape scene manager.
Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct 3D. Bisa
me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content
creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua versi Windows
OGRE mendukung program vertex dan fragment selama ditulis
dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
The landscape scene manager untuk progressive LOD, yang mana
bisa dibuat secara otomatis dan manual.
Engine annimasi yang men-support penuh untuk multiple
hardware
Processing
Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source
yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing
digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa
dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi
profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan
pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing
merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang
dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit
Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim
Voluntir.
Game Maker
Game Maker
adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa
menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan
Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software (game) yang
anda buat termasuk dapat menjual game tersebut, bahkan bisa mendownload musik,
efek suara, gambar, script, serta background.
Unity 3D
Unity 3D
adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat
game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang
memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah
game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk
membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone,
dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity
kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan
diintegrasi lebih dalam suasana grafik.
Kelebihan
Unity terdapat pada multiple platform, artinya banyak platform yang disupport
oleh unity, seperti Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga
browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player,
sama halnya dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa
melakukan desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi
jika kita ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau
Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx.
SUMBER :
https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantar-teori-game/pengertian-game/
http://senosu.blogspot.co.id/2012/10/konsep-dalam-membuat-sebuah-game.html
http://www.halomoney.co.id/blog/5-game-smartphone-yang-bisa-membuat-kamu-jadi-ahli-bisnis-dan-keuangan
http://dinyfr.blogspot.co.id/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html
http://brilliant-spot.blogspot.co.id/2016/03/aspek-bisnis-dalam-dunia-game.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar