Judul/Bab
: Desain
Pemodelan Grafik (TUGAS)
Nama
: Aji Prayitno
NPM : 50414677
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah
: Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen
: Syefani rachma deski
PEMODELAN GRAFIS untuk GAME
Game
adalah Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang
menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan
oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan –
misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai
dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Animasi
adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun
secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap
pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam
definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.
Virtual
reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer
(computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau
benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Hubungan
atara ke tiga materi di atas yaitu, jadi game merupakan sebuah permainan yang
mana di dalam nya kita bermain untuk mencapai highscore, dan animasi itu
dibutuhkan dalam membuat game karena game itu sendiri merupakan animasi. dan
untuk virtual reality itu berfungsi untuk pelengkap bagi gamers mengapa
pelengkap? karena bagi gamers main di depan komputer saja masih kurang, jadi di
buat nya virtual reality berfungsi untuk merealisasikan apa yang kita mainkan
dari bentuk virtual(tidak nampak) menjadi nampak seperti aslinya.
PEMBUATAN DESAIN GRAFIS pada GAME
Dalam
pembuatan desain grafis dalam pembentukan sebuah game kita membutuhkan software
yaitu salah satunya adalah BLENDER, Blender merupakan aplikasi pemodelan
komplit dan komprehensif untuk menciptakan, mengubah dan mengedit model 3D
dengan mudah. Transformasi model menjadi karakter yang menakjubkan menjadi
lebih mudah dari sebelumnya dengan menggunakan Blender.
PEMBUATAN KARAKTER
Pembuatan
karakter seperti gerak tubuh, mimik wajah dll kita dapat membuat nya di salam
software yang sudah di ceritakan di atas, di dalam BLENDER itu sendiri kita
dapat membuat suatu karakter yang seperti kita inginkan, dalam pembentukan
geraktubuh kita hanya perlu proses rigging atau pemberian tulang di setiap sisi
tuuh karakter agar bisa bergerak aktif.
PEMBUATAN MAPS/LINGKUNGAN dalam
GAME
Kali
ini kita bahas lebih spesifik saja, pastinya tau dong, game counter strike?
game berbasis strategy dan war, apabila kita ingin membuat sebuah maps yang
seperti kita ingin kan ikuti cara di bawah ini :
1. Buka alamat
:http://www.worldcraft-online.com/
2. Pilih option yang paling bawah (kalau tidak
Level 3 + 3D, pasti Level 4)
3. Setelah
diklik, maka akan ada membuka window baru. Dan akan muncul tampilan seperti ini
4. Di tampilan
atas, ada map parameters untuk menentukan bagian-bagian utama dalam map. Save,
bisa berupa notepad (file). Load bisa load map yang sudah disarankan (load
random map) , load file (dari notepad).
5. Di tampilan
bawah, ada weapon (untuk menaruh senjata), crate (menaruh box), object
(menaruh object khusus), texture (untuk buat tembok) dan
mini chat box (bisa chattingan)
6. Buat map
nya sendiri (lihat tutorial di youtube).
7. Setelah
sudah jadi, klik compiler di panel atas dan klik DOWNLOAD . Setelah itu,
pindahkan file downloadnya ke : Code:/Counter-Strike-1.6/cstrike/maps
PENJELASAN PENGGABUNGAN KARAKTER
dan ANIMASI MENJADI 3D dan 4D
Dalam
sebuah game karakter itu merupakan animasi yang telah kita buat sebelum membuat
game itu sendiri. jadi kita bisa jelaskan game 3D dan 4D itu hanyalah berbeda
sedikit dimana 3D itu kita harus menggunakan kacamata 3D pada hasilnya kita
akan merasakan game itu seperti real atau keluar dari monitor. kalau 4D itu
memiliki efek efek yang lebih seperti getaran getaran dan efek-efek nyata
yang di hasilkan nantinya.
SUMBER:

Tidak ada komentar:
Posting Komentar